selamat datang di fakhririzki.blogspot.com :) mari lihat, baca, dan rasakan sensasinya ! may these all could be useful for us..

Selasa, 10 April 2012

Melihat Jauh Potensi Indonesia

Republik kita memang baru 67 tahun berdiri, namun Indonesia telah ada jauh sebelum itu. Kebudayaan hindu buddha pernah masuk di wilayah ini. Menyusul kemudian kebudayaan-kebudayaan lainnya hingga negeri ini menjadi sebuah negeri dengan kemajemukan budaya yang tinggi. Jauh melihat ke belakang, negeri ini telah hidup sejak lama. Penemuan fosil manusia purba tertua di negeri ini merupakan bukti bahwasanya negeri ini merupakan tempat yang telah lama menjadi kehidupan bagi manusia.

67 tahun setelah dibacakannya proklamasi oleh Bung Karno, negeri ini tidak terlihat sebagai negeri yang kuat dan makmur. Sangat jauh dibandingkan dengan sejarahnya yang panjang terlepas dari segala bentuk penjajahan beratus-ratus tahun yang mendera bangsa kita. Kita semua sadar bahwasanya ratusan tahun yang kelam tersebut memang telah menjadi hambatan untuk membuat negeri ini mengalami masa-masa kejayaannya. Bahkan, bentuk penjajahan tidak manusiawi tersebut justru membentuk mental bangsa kita sebagai bangsa yang hanya bisa menjadi pesuruh, walaupun itu berada di tanah kita sendiri. Kenyataan memang tidak bisa dihindari. Namun, impian untuk menjadikan negeri ini mencapai masa-masa kejayaannya bukan berarti tidak bisa diwujudkan. Impian seperti yang pernah diraih kerajaan Majapahit dan Sriwijaya saat menjadi kerajaan terbesar di masa nya.

Indonesai adalah negeri yang sangat potensial dengan segala macam kekayaan yang terkandung di dalamnya. hal inilah yang tetap menjadi pembangkit rasa optimisme kita bahwasanya Indonesia pasti bisa untuk berbicara di dunia Internasional. Ada beberapa fakta penting yang bisa menjadi alasannya, antara lain:

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia
Menjadi sebuah negara kepulauan bukan berarti suatu hal yang menyulitkan dan memisahkan masyarakat kita. Justru apabila kita berpikir pintar, seharusnya kita bisa memanfaatkan situasi ini. Bukan suatu hal yang mustahil apabila kita menjadikan Indonesia menjadi tujuan wisata kepulauan layaknya Kepulauan Karibia. Selain itu, posisi Indonesia di dunia internasional juga sangat strategis. dengan terletak di posisi silang antara dua benua dan dua samudra, Indonesia tidak bisa terlepas sebagai jalur perdagangan dan lalu lintas internasional.

Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia
Laut Indonesia sangat lah besar dengan luas perairannya yang mencapai93 ribu km2. Dengan luas seperti ini Indonesia menyimpan berbagai macam bentuk kekayaan laut. Siapa yang dapat menghitung jumlah pasir yang tersimpan di pantai seluruh Indonesia ? Selain itu, hutan bakau di Indonesia juga adalah yang terbesar di dunia. terumbu karang Indonesia juga adalah yang terkaya di dunia hingga mencapai total 18% dari terumbu karang dunia.

Indonesia sebagai ladang sumber daya alam dunia
Siapa yang tidak mengenal nama Indonesia ? sejak dahulu negeri ini menjadi tempat tujuan utama bangsa asing dalam mencari rempah-rempah. dengan hutan yang luas dan tanahnya yang subur, Indonesia memang memiliki banyak sumber daya alam yang beraneka ragam. Hal inilah yang akan menjadikan negeri ini unggul di masa depan. Suatu hal yang sangat mungkin terjadi apabila sumber daya ini dikelola secara adil dan bijaksana. Selain sumber daya nya, Indonesia juga adalah negeri dengan kekayaan flora dan fauna yang beraneka ragam. Banyak hewan dilindungi yang terdapat disini. Orang utan pun hanya ada di negeri ini. Dengan perpaduan antara asia dan australia, keanekaragaman flora dan fauna ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk Indonesia.

Indonesia adalah negara dengan kebudayaan yang tak terhingga.
Budaya memang menjadi magnet tersendiri bagi negeri ini. Dengan keberagaman yang tinggi, Indonesia bisa saja menjadi negara tujuan wisata yang mengedepankan keberagaman budayanya. Indonesia adalah negara dengan jumlah etnis/suku terbesar, begitu juga dengan bahasa daerahnya. candi terbesar di dunia pun ada di negeri ini. Jadi apabila dikelola secara baik siapa yang bisa menandingi negeri ini ??

Walaupun didukung fakta-fakta yang potensial, namun semua ini hanya menjadi buaian belaka apabila tidak dilakukan dengan prinsip dan mental sebagai bangsa yang maju. Pola pikir harus segera diubah, kita tidak bisa lagi menyerahkan perkembangan dan kemajuan negeri ini kepada pihak luar yang tidak memiliki jiwa merah putih seutuhnya. Bangsa Indonesia lewat generasi muda nya harus segera sadar bahwasanya banyak negara-negara lain yang menginginkan kekayaan kita. 

"Ini aset kita, ini milik kita, dan ini kekayaan kita. Oleh karena itu, hanyalah melalui tangan bangsa Indonesia sendiri negeri ini bisa begerak menuju impiannya." (Fakhri Rizki Saputra)

Tidak ada komentar: