selamat datang di fakhririzki.blogspot.com :) mari lihat, baca, dan rasakan sensasinya ! may these all could be useful for us..

Sabtu, 19 Mei 2012

Monumen Nasional, sisi lain sebuah kebanggan Indonesia

Monumen Nasional di sore hari
Jakarta memang menyimpan beragam sejarah dan keunikan. kalo gue sebut "putih, tinggi, trus ada emas nya kuning-kuning di atasnya", siapa orang pasti dengan cepat bilang Monas ! yup, Monas memang udah menjadi icon Indonesia, khususnya bagi seluruh warga DKI Jakarta. tulisan ini cuma menggambarkan sedikit pengalaman dari jutaan pengalaman yang telah diberikan Monas kepada bangsa Indonesia.

Kali ini liburan gue isi dengan bersilaturahmi dengan Monas, maklum kayaknya gk afdol kalo tinggal di Jakarta tapi blum mampir ke Monas hahaha. Monas ini diarsiteki awalnya oleh Friedrich Silaban dan dilanjutkan kemudian oleh R.M. Soedarsono. Pembangunannya sendiri dimuali pada 17 Agustus 1961dan baru diresmikan pembukaannya pada 12 Juli 1975. Ide pembangunan tugu nasional ini berawal dari pemikiran Bung Karno yang menginginkan adanya sebuah monumen layaknya Menara Eiffel di lapangan tepat di depan Istana Merdeka.


Filosofi bentuk monas sendiri masih simpang siur. Ada pendapatan yang mengatakan bahwa bentuk Monas seperti itu karena menggambarkan Lingga dan Yoni yang merupakan lambang kesuburan yang harmonis. Ada juga yang mengatakan Monas menggambarkan Lingga dan gedung MPR DPR menggambarkan yoni nya. mengenai puncak api Monas sendiri ada yang mengatakan bahwa bentuknya menggambarkan seorang wanita cantik. yaaa terlepas dari semua sejarah itu Monas tetaplah Monas, dan kita harus bangga dengan salah satu icon negara kita ini.

balik lagi, yang paling gue ingat dari perjalanan ke Monas kemarin adalah lebih lama nya waktu mengantri menuju puncak monas dibanding dengan waktu gue berada di puncaknya hahaha. hampir 2 jam lamanya mengantri untuk sampai di atas sana. Tapi, sebuah pengalaman wisata pendidikan yang sangat nasionalis menurut gue. beragam cerita yang menggambarkan sejarah panjang bangsa Indonesia dari masa hindu Buddha sampai saat ini yang ada di Museum Sejarah Nasional Indonesia di bagian dasar Monas juga gk kalah seru. Mau tau ? silahkan ke Monas sendiri hahaha

Berikut beberapa jepretan tangan gue ketika di Monas:



Miniatur Monas
(Monas di dalam Monas)

Miniatur Yang Menggambarkan Proklamasi Kemerdekaan RI

Ini adalah beberapa foto Kota Jakarta dari Puncak Monas:









"Tapi bagi gue Monas ya hanyalah sebuah benda mati yang tidak bisa berbuat apa-apa, kita lah sebagai bangsa Indonesia yang harus membuat Monas menjadi sebuah Monumen  kebanggan dunia yang kreatif, edukatif, dan inovatif." (Fakhri Rizki Saputra)

Tidak ada komentar: